Senin, 03 Desember 2012

Samsung Galaxy Sukses Berkat Iklan?



Samsung Galaxy S III Mini dan Galaxy S III




Kesuksesan ponsel pintar dan tablet keluarga Galaxy dari Samsung, tak lepas dari gencarnya aksi pemasaran. Lembaga riset Asymco memproyeksi, Samsung mengeluarkan hampir 12 miliar dollar AS dalam setahun untuk beriklan, komisi, dan promosi penjualan produk mereka.

Analis Horace Dediu dari Asymco, yang berpengalaman dalam industri teknologi memprediksi, biaya iklan yang dikeluarkan Samsung pada 2012 mencapai 4 miliar dollar AS, jauh lebih besar dibandingkan biaya iklan Apple, Dell, dan Microsoft.











Dikarenakan perangkat mobile sedang laris-larisnya di pasar, terutama ponsel pintar dan tablet Galaxy berbasis Android, Samsung mengalokasikan biaya beriklan lebih tinggi untuk produk tersebut. Belanja iklan untuk LCD, TV, semikonduktor, dan peralatan rumah tangga, jumlahnya lebih sedikit dibandingkan produk Galaxy.

Dari grafik di atas, bisa dilihat bahwa belanja iklan Samsung tahun 2010 dan 2011, hampir menyamai biaya iklan Coca Cola, sebuah perusahaan yang anggaran utamanya banyak mengalir untuk iklan.

Namun, iklan bukanlah satu-satunya pengeluaran utama dalam biaya pemasaran. Perusahaan asal Korea Selatan ini juga membayar tinggi biaya komisi dan promosi penjualan. Dari grafik di bawah ini bisa dilihat biaya promosi penjualan relatif tinggi dibanding estimasi  belanja iklan. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar